Mantap! Teknologi Blue Core, Inovasi Mesin Hemat Bahan Bakar Terbaru Oleh Yamaha

Wednesday, January 13th 2016. | Yamaha

Teknologi blue core merupakan sebuah teknologi yang biasanya banyak di terapkan pada kendaraan bermotor.Blue core itu sendiri merupakan sebuah inovasi mesin yang sangat canggih dimana mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang maksimal namun tetap irit bahan bakar.Salah satu kendaraan bermotor yang mengaplikasikan Teknologi blue core adalah Yamaha. Ada banyak jenis Yamaha yang menggunakan Teknologi blue core sebagai mesin utama seperti all new soul GT, Mio M3 125 dan lainnya. Dengan menggunakan Teknologi blue core ini, peningkatan tidak hanya pada sisi label semata namun juga peningkatan terhadap kualitas mesin yang handal tentunya.

Inovasi Teknologi blue core

Yamaha sendiri sudah sangat lama, sejak mulai berdiri telah mencoba untuk melakukan perekontruksian terhadap mesin hingga akhirnya bisa menjawab segala keinginan masyarakat dengan adanya penemuan terhadap blue core.Hal ini sangat membantu masyarakat karena dengan begitu masyarakat dapat menggunakan sebuah mesin dengan tenaga yang maksimal namun bahan bakar yang di gunakan sangatlah hemat. Penemuan Teknologi blue core dapat menyempurnakan proses pembakaran bahan bakar, yaitu memiliki potensi pembakaran secara optimal yaitu mencapai 50%. Dengan begitu, jenis motor Yamaha ini dapat memiliki daya tempuh yang sangat jauh. Sebagai contohnya adalah Mio M3 125 tang telah teruji dengan dinyalakan tanpa henti selama sebulan.

Pengujian Teknologi blue core di lakukan dengan menggunakan alat dyno test pada Mio M3 yang di ikat oleh tali yang memiliki tekanan yang setara dengan dengan pengendara motor yang memiliki berat kira-kira 60 kg. setelah itu di berikan kipas angin atau blower yang di gunakan sebagai sebuah analogi untuk arah yang berlawanan pada saat pengemudi berkendara. Setelah itu, RMP kemudian di setel dengan angka 4500 atau setara dengan 50 Km/jam.

Advertisement

Uji coba mesin Teknologi blue core, matic Yamaha

Percobaan mesin Teknologi blue core ini dilakukan dengan cara menyalakan mesin selama 30 hati tanpa henti. Hal ini terbukti bahwa Yamaha Mio dapat menempuh perjalanan lebih dari 36000 Km sedangkan untuk bahan bakar yang di butuhkan adalah 445 liter.Hal ini membuktikan bahwa Yamaha Mio dapat menempuh 80.9 Km hanya dengan menggunakan satu liter bahan bakar. Hal ini dapat kita lihat bahwa walaupun sangat irit, namun jenis motor matic ini masih dapat berlari dengan kencang. Hal ini di sebabkan oleh Teknologi blue core yang di gunakan dapat menjaga suhu dengan sangat baik, suhu akan tetap stabil dan juga dapat mengurangi gesekan sehingga performa mesin menjadi maksimal dan lebih bertenaga. Hal ini menyebabkan mesin Teknologi blue core sangat unggul karena fungsinya yang sangat maksimal dengan bahan bakar yang hemat.Teknologi Blue Core terbaru

Peranan Teknologi blue core

Sebagaimana yang telah di jelaskan di atas bahwa Teknologi blue core merupakan sebuah jenis mesin yang di kembangkan oleh Yamaha, jenis mesin ini masih tergolong baru di Indonesia namun mesin ini sangatlah di perkirakan akan laku keras di pasaran. Dengan adanya pengembangan Teknologi blue core oleh Yamaha maka akan menjadi sebuah tren baru untuk kalangan sepeda motor di Indonesia. Adapun Teknologi blue core memiliki peran dan keunggulannya yaitu dapat meningkatkan efisiensi BBM, dapat mengurangi tenaga yang hilang, dapat memaksimalkan system pendinginan pada mesin dan sangat ramah lingkungan.

Pada awalnya konsep Teknologi blue core ini pertama kalinya di perkenalkan di India pada sekitar awal juli 2014 yang kemudian mulai diperkenalkan di Thailand dan Vietnam. Namun, di Indonesia sendiri teknologi blue core memiliki perbedaan karena mesin Teknologi blue core harus di sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan sepeda motor Indonesia. (Baca juga: Fungsi dan Kelebihan Spion Motor Terlengkap)

Advertisement
tags: , , , ,