Ketahui Fungsi Knalpot Pada Sepeda Motor

Wednesday, February 24th 2016. | Motor

Knalpot merupakan salah satu komponen yang wajib dimiliki sepeda motor. Fungsi knalpot sepeda motor secara teknis adalah sebagai saluran pembuangan sisa pembakaran pada kendaraan bermotor. Sehingga tidaklah heran jika knalpot motor diletakkan di bagian belakang. Namun seiring berkembangnya jaman, kini knalpot juga memiliki fungsi sebagai aksesoris motor yang cukup menarik. Meski demikian anda harus memahami fungsi dari knalpot terlebih dahulu sebelum memodifikasinya.fungsi knalpot motor modern

Bagian-Bagian Knalpot

Bagian Knalpot Sepeda motor memiliki fungsinya masing-masing. Berikut bagian dari knalpot:

1. Header Knalpot

Advertisement

Header yang merupakan bagian pangkal knalpot yang dipasangkan pada mesin motor. Header knalpot ini memiliki fungsi sebagai penghubung seluruh badan knalpot dengan sistem pembuangan gas sisa pembakaran yang terjadi dalam silinder mesin.

2. Resonator

Resonator atau yang juga dikenal sebagai saringan knalpot. Resonator disini memiliki fungsi meredamkan suara bising yang dihasilkan oleh sistem pembakaran pada mesin motor sehingga suara yang dihasilkan tidak memekakkan telinga.

3. Silencer

Silencer yang hampir serupa dengan resonator., yang berfungsi untuk meredam suara bising yang dihasilkan selama proses pembakaran. Silencer ini diletakkan pada bagian ujung knalpot dan menjadi satu bagian dengan resonator.

4 Chamber

Bagian knalpot ini tidak digunakan pada semua jenis motor, melainkan hanya terdapat pada sepeda motor yang menggunakan mesin 2 tak dan berfungsi untuk memantulkan gas sisa pembakaran dari mesin. Itulah beberapa fungsi knalpot sepeda motor jika dilihat berdasarkan bagian-bagiannya.

Dengan memahami bagian motor ini tentu anda telah memahami perbedaan knalpot berdasarkan tipe mesinnya.

Fungsi Knalpot Pada Sepeda Motor

Meskipun terlihat sepele layaknya aksesoris motor pada umumnya, namun knalpot memiliki fungsi yang cukup penting untuk menjaga performa kendaraan bermotor yang antara lain adalah meredam suara ledakan hasil pembakaran di ruang silinder mesin sehingga tidak menimbulkan polusi suara dan lebih enak didengar, meningkatkan tenaga mesin motor apabila knalpot yang digunakan sesuai dengan karakteristik mesin yang digunakan, Serta dapat mengurangi polusi udara seiring dengan digunakannya teknologi catalityc converter yang berfungsi untuk menyaring gas pembuangan seperti karbon agar semakin bersih dan ramah lingkungan.

Selain itu semakin beragamnya jenis knalpot, membuat fungsi knalpot tidak hanya sebatas penyaring gas buangan semata, namun juga dapat berfungsi sebagai ornamen atau aksesoris pendukung kendaraan bermotor.Hal ini erat kaitannya dengan modifikasi motor, terlebih saat ini beberapa knalpot memiliki bentuk yang unik dan menarik. Namun meski demikian ketika anda hendak memilih knalpot perhatikan fungsi knalpot sepeda motor agar tidak mengganggu performa mesin, dan mengganggu pengendara motor yang lain. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat (Baca juga artikel motor klasik lainnya: Suzuki Tornado GX 100 Dari Dulu Hingga Kini)

Advertisement
tags: , , , ,